Halaman

Senin, 22 April 2013

Komposisi Foto

Mengatur tata letak foto sangat dibutuhkan oleh seorang fotografi. Mlihatlah secara nyata apa yang ada dihadapan anda dan abadikan lewat sebuah foto. Saat kita memotret pantai tidak hanya matahari, batu, human, tetapi ada perpaduan garis, tekstur, perpaduan cahaya dan lainnya.

Pentingkah komposisi? jelas sangat penting. Coba kita analogikan. Sebuah rumah yang memiliki furniture, gambar, dan foto jika tidak tertata dengan baik keindahan dan pesonanya akan hilang dengan sia-sia. Bayangkan jika sebuah foto tidak memiliki komposisi yang baik, maka hanya gambar yang kita pelototi dan akan berkuarang nilai seninya.

Komposisi pada dasarnya adalah kemampuan seorang fotografer dalam meletakkan atau menata gambar sehingga objek akan enak untuk dipandang. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangakn dalam kompisisi:

1. Komposisi Garis
     Garis dalam sebuah foto bisa dijadikan sebagai kabel, jalan raya, pembatas jalan, atau apapun yang penting dalam bentuk yang tegas. Garis yang ditimbulkan tidak harus garis lurus, tetapi bisa melengkung, mengerucut yang terpenting adalah kesan yang ditimbuklkan oleh garis tersebut.
                                                                                              
 


2. Komposisi Bentuk
    Bentuk merupakan elemen yang sangat menonjol dalam sebuah foto, Apakah beraturan atau simetris? Apakah berbentuk segitiga, persegi atau lingkaran? Bentuk memberikan kesan yang sangat kesan kontras antara objek dengan sekelilingnya. Faktor cahaya sangat mempengaruhi sehingga seorang fotografer harus memanfaatkan cahaya tersebut menjadi sesuatu yang dapat memberikan kesan yang kuat terhadap objek.


3. Komposisi Tekstur
    Tekstur adalah hal yang detil dari sebuah objek. Ketika anda memotret bunga, sangat jelas halus dilihatnya, tetapi jika anda mendekati bunga tersebut akan muncul tekstur dari bunga tersebut apakah kasar atau lembut bergasris atau polos. Tekstur yang baik ketika fotografer dapat memvisualisasikan detil objek sehingga orang yang melihatnya akan merasakan tekstur aslinya.


4. Komposisi Pola
    Pola adalah pengulangan dari sebuah garis dan bentuk pada sebuah gambar. Harus ada sebuah variasi agar tidak monoton. Pola akan menghasilkan ritmik dan harmoni. Tempatkan pola di saat yang tepat, sehingga akan memberikan kesan penuh pada sebuah gambar.


Disajikan dari berbagai sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...