Halaman

Jumat, 12 April 2013

Teknik Fotografi

Teknik dalam dunia fotografi dapat memperindah hasil dan kesan artistik sebuah foto. Pada dasarnya sebuah foto terdiri dari foreground dan background. Foreground adalah bagian utama dalam sebuah foto sedangkan background adalah latar yang berada paling belakang dalam sebuah foto. Beberapa teknik dasar dalam fotografi antara lain:
1. Blurring
    Foto yang dihasilkan dengan teknik ini ada sebagian foto yang dipertegas dan ada bagian lain yang blur (kabur). Untuk menggunakan teknik ini focus pada
objek harus diperhatikan. Pengambilan gambarnya menggunakan shutter speed yang rendah. Objek yang akan dijadikan blur harus bergerak lebih cepat dari pada shutter speed. Coba perhatikan gambar berikut :
 

2. Freezing
    Membekukan sebuah gerakan dalam foto. Teknik ini biasanya dilakukan pada objek yang bergerak
cepat seperti gerakan melompat, berlari, salto, dan lainnya. Untuk mendapatkan gambar yang diinginkan pasang shutter speed pada tingkat yang tinggi. Fotografer harus bisa membayangkan pada objek gerakan apa yang akan dilakukan and carilah momen yang paling expresif. 
3. Panning
    Panning adalah kebalikan dengan blurring. Jika blur mengaburkan objek sedangkan panning menajamkan objek, sehingga mengesankan objek tersebut bergerak sangat cepat. Shutter speed lebih lambat dari gerakan objek karena jika sama, maka yang tercipta adalah efek freezing.
                     
 

4. Zooming
    Teknik ini akan menimbulkan kesan background yang menunjuk pada objek. Objek menjadi sesuatu yang tegas sedangkan background  akan menjadi buram.
 

Disaring dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...